Infokreatif Digital Media
Beranda Berita 5 Manfaat Kopi untuk Kesehatan otak

5 Manfaat Kopi untuk Kesehatan otak

Beberapa Manfaat Konsumsi Kopi

Infokreatif – 5 Manfaat Kopi untuk Kesehatan Otak. Kopi adalah salah satu minuman paling populer di dunia, dan juga dikenal karena manfaat kesehatannya. Berbagai penelitian juga telah meneliti pengaruhnya terhadap kesehatan, baik manfaat langsung maupun jangka panjang.

Manfaat kopi untuk kesehatan pun beragam, dan banyak penelitian yang tertarik untuk mengetahui manfaat kopi bagi kesehatan otak. Buat kopi sendiri, berikut ulasan manfaat kopi untuk kesehatan otak.

5 Manfaat Kopi untuk Kesehatan otak
5 Manfaat Kopi untuk Kesehatan otak
  1. Kopi dapat meningkatkan fungsi kognitif

Kopi memiliki kemampuan untuk meningkatkan fungsi otak dan kognisi. Menurut Makan Ini Bukan Itu! Kafein mendorong pelepasan neurotransmitter yang bermanfaat termasuk dopamin, serotonin dan norepinefrin, dan ini menghasilkan peningkatan waktu reaksi, suasana hati, pemahaman, dan rentang perhatian.

Sementara kafein telah terbukti memiliki efek kognitif yang positif, penelitian lebih lanjut saat ini sedang dilakukan tentang kemungkinan bahwa beberapa manfaat kognitif ini juga dapat berasal dari kopi tanpa kafein, dalam artian antioksidan dalam kopi ini mungkin memainkan peran besar juga.

 

  1. Meningkatkan fungsi otak

Ilustrasi fungsi otak manusia (pexels.com/meo)Kafein dapat menyebabkan peningkatan entropi otak saat istirahat. Entropi otak sangat penting untuk fungsi otak, dan tingkat yang tinggi menunjukkan kapasitas pemrosesan yang tinggi. Peningkatan entropi otak keadaan istirahat menunjukkan kemampuan yang lebih tinggi untuk memproses informasi, menurut sebuah studi tahun 2018 yang diterbitkan dalam jurnal Scientific Reports.

Kafein dapat merangsang sistem saraf pusat disertai dukungan pelepasan neurotransmiter lain, termasuk noradrenalin, dopamin, dan serotonin.

Menurut laporan tahun 2008 di Nutrition Bulletin, kafein dapat meningkatkan berbagai aspek fungsi otak, termasuk:

  • suasana hati.
  • Waktu reaksi.
  • Tindakan pencegahan.
  • perhatian.
  • Sedang belajar.

Fungsi mental umum

Namun, Anda dapat mengembangkan toleransi kafein dari waktu ke waktu. Ini berarti Anda perlu minum kopi lebih banyak dari sebelumnya untuk mendapatkan efek yang sama. Namun, perlu diingat untuk tidak minum kopi terlalu banyak.

Rekomendasi aman untuk konsumsi kopi adalah sekitar 4 atau 5 cangkir kopi (400 miligram) per hari untuk menghindari efek samping yang berpotensi membahayakan atau merugikan. Jika Anda sedang mencoba untuk memiliki bayi atau sedang hamil, menyusui, sensitif terhadap kafein, minum obat, atau memiliki penyakit penyerta, Anda harus berbicara dengan dokter Anda tentang konsumsi kafein.

 

  1. Ini dapat memiliki efek positif pada memori

Kopi dan kafein juga dapat mempengaruhi memori atau memori, tetapi penelitian tentang ini beragam, sehingga diperlukan lebih banyak penelitian.

Dari sekian penelitian menunjukkan kafein mengandung efek positif yang signifikan pada memori jangka pendek dan jangka panjang. Sementara itu, penelitian lain melaporkan tidak ada efek pada memori atau bahkan menemukan bahwa kafein mengganggu kinerja tugas memori.

Dalam satu penelitian, ketika peserta mengambil tablet kafein setelah mempelajari serangkaian gambar, kemampuan mereka untuk mengenali gambar meningkat 24 jam kemudian. Kafein tampaknya membuat ingatan bertahan lebih lama dibandingkan dengan kelompok plasebo.

 

  1. Memberikan perlindungan untuk otak

Tentu saja, kopi mengandung antioksidan kuat yang diketahui membantu kesehatan otak. Antioksidan dan lebih dari seratus zat aktif biologis dalam kopi mencegah kerusakan pembuluh darah dan arteri, yang pada gilirannya membantu perfusi (pembangkit tenaga sehat yang mengedarkan darah ke tubuh kita).

Tidak hanya itu, antioksidan dalam kopi juga dapat membantu melawan radikal bebas dalam sel-sel tubuh sehingga dapat memberikan efek perlindungan terhadap penyakit otak.

Kopi sebenarnya bisa memiliki manfaat untuk kesehatan otak. Namun, manfaat tersebut juga bisa dipengaruhi oleh cara Anda menikmati kopi. Jadi, ingatlah untuk tidak menambahkan krim atau gula tambahan.

 

  1. Mengurangi risiko penyakit Alzheimer

Penyakit Alzheimer adalah penyebab paling umum dari demensia di seluruh dunia. Penyakit ini biasanya dimulai secara perlahan, tetapi semakin memburuk seiring waktu.

Penyakit Alzheimer menyebabkan hilangnya ingatan, serta masalah dengan pemikiran dan perilaku. Tidak ada obat yang diketahui saat ini. Menariknya, faktor-faktor yang berhubungan dengan diet dapat mempengaruhi risiko berkembangnya penyakit Alzheimer dan bentuk-bentuk demensia lainnya.

Studi observasional telah menghubungkan konsumsi kopi secara teratur dan moderat dengan risiko penyakit Alzheimer 65% lebih rendah. Namun, efek perlindungan dari kopi dan kafein belum dikonfirmasi oleh uji coba terkontrol secara acak.

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan