Infokreatif Digital Media
Beranda Komputer Cara Menggunakan Google Keyword Planner

Cara Menggunakan Google Keyword Planner

Daftar isi:

[Sembunyikan] [Tampilkan]

Google Keyword Planner

InfokreatifCara Menggunakan Google Keyword Planner – Meskipun alat ini lebih didedikasikan untuk menjalankan kampanye iklan berbayar, Anda dapat mengakses dan menggunakan Perencana Kata Kunci Google secara gratis tanpa benar-benar menjalankan kampanye AdWords.

Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut:
1. Buka Iklan Google
2. Klik Akun Google Ads Baru
3. Saat Anda menemukan pertanyaan “Apa tujuan periklanan utama Anda”, klik tautan “Beralih ke mode pakar” di bawah tiga opsi jawaban yang tersedia.
4. Di halaman berikutnya, klik tautan “Buat akun tanpa kampanye”
5. Selanjutnya, Anda akan menemukan halaman konfirmasi informasi bisnis. Klik bagian kirim dan Anda dapat menjelajahi akun Google Ads Anda secara langsung.
6. Dari sini Anda dapat mengakses Google Keyword Planner dengan mengklik ikon Alat dan Pengaturan di bilah menu. Selanjutnya, pilih Keyword Planner di bawah kolom Layout.

Cara kerja Google Keyword Planner

Cara Menggunakan Google Keyword Planner
Cara Menggunakan Google Keyword Planner

Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, saatnya mempelajari cara kerja Google Keyword Planner. Pertama, buka Google Keyword Planner, lalu pilih fitur yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.
Saat Anda ingin menggunakan Google Keyword Planner, Anda akan menemukan dua keuntungan utama, yaitu menemukan kata kunci baru, mendapatkan volume dan ekspektasi pencarian, dan mendapatkan taksiran tawaran. Berikut penjelasannya:

1. Temukan kata kunci baru

Seperti namanya, fitur ini digunakan di Google Keyword Planner untuk menemukan kata kunci baru dan mendapatkan wawasan tentang istilah pencarian yang digunakan oleh calon pelanggan atau audiens.
Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ikuti untuk menggunakan fitur ini.
• Klik Temukan Kata Kunci Baru
• Pilih salah satu dari dua tab yang tersedia berdasarkan preferensi. Ada tab “mulai dengan kata kunci” dan tab “mulai dengan situs web”.
• Jika Anda memilih “Mulai dengan Kata Kunci”, mulailah pencarian kata kunci Anda dengan memasukkan kata kunci yang terkait dengan produk, layanan, atau situs web Anda. Jika Anda memilih tab Mulai dengan Kata Kunci, mulailah dengan memasukkan alamat situs web Anda dan Perencana Kata Kunci Google akan menganalisis kata kunci yang relevan.
• Anda dapat mengatur bahasa, lokasi, dan memilih apakah akan menyertakan nama merek dalam hasil pencarian atau tidak. Anda juga dapat memasukkan domain situs Anda untuk memfilter layanan, produk, atau merek yang tidak Anda tawarkan.
• Anda dapat memasukkan hingga 10 kata kunci yang berbeda sekaligus dengan memisahkannya dengan koma.

 

2. Dapatkan volume pencarian dan perkiraan

Di sisi lain, jika Anda sudah memiliki daftar kata kunci yang ingin Anda pelajari untuk melihat matriks, Anda dapat memulai dari fitur Dapatkan Volume Pencarian dan Prediksi. Dalam fitur ini, Anda dapat menemukan wawasan tentang berbagai metrik untuk kata kunci tertentu, mulai dari taksiran volume klik dan tayangan yang dapat Anda peroleh dalam 30 hari ke depan, hingga taksiran biaya, dan hingga RKT atau BPK rata-rata.
Untuk menggunakan fitur ini, masukkan daftar kata kunci yang sudah Anda miliki di bagian pencarian, lalu klik Mulai. Langkah selanjutnya adalah menyaring dan mengurutkan hasil pencarian. Setelah Anda memasukkan kata kunci di setiap fitur yang Anda pilih sebelumnya, Anda akan dihadapkan pada halaman hasil pencarian kata kunci. Di bagian ini ada beberapa metrik yang bisa Anda lihat seperti rata-rata volume pencarian bulanan, tingkat kesulitan kata kunci, dan rata-rata tawaran.
Gunakan filter tambahan pada halaman hasil pencarian untuk menemukan kata kunci berdasarkan lokasi, bahasa, dan bahkan jangka waktu tertentu. Dari sini Anda dapat menganalisis dan memilih ide kata kunci yang paling mungkin digunakan dalam kampanye Google Ads atau SEO Anda.

3. Dapatkan taksiran tawaran

Selain riset kata kunci, Google Keyword Planner juga memiliki fitur untuk mendapatkan taksiran tawaran, yaitu mendapatkan saran dari Google untuk menawarkan tawaran yang tepat untuk kata kunci tersebut. Dengan fitur ini, Anda dapat mengatur anggaran kampanye iklan.
Setelah mempelajari cara menggunakan Google Keyword Planner, kini Anda dapat menggunakan tool ini untuk melakukan riset kata kunci secara optimal.

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan