Gampang! Begini Cara Membuat Daftar Isi di Ms Word
Bagaimana? Mudah kan cara membuat daftar isi di ms word? Nah sahabat bisa memilih salah satu dari kedua tutorial di atas
Daftar isi:
Sebagian dari kita, terutama bagi sobat yang baru mengenal aplikasi Microsoft, seringkali membuat daftar isi di Ms Word secara manual.
Biasanya sobat akan membuat titik-titik secara manual untuk menghubungkan judul dengan nomor halaman, sehingga akan memakan banyak waktu.
Bukan itu saja, sobat Info Kreatif juga harus mencocokkan ulang jika ada perubahan pada judul. Ribet bukan?
Nah jika sobat memiliki problem seperti di atas, tenang. Tidak perlu khawatir. Berikut cara membuat daftar isi otomatis di Microsoft word dengan cepat sekaligus rapih.
Apa Itu Daftar Isi dan Fungsinya
Daftar isi sendiri ialah garis besar dari suatu dokumen berdasarkan bab dan sub-bab yang disertai nomor halamannya. Daftar isi berfungsi sebagai panduan dari penulis kepada pembaca untuk memudahkan menemukan apa yang akan cari.
Daftar isi ini seringkali kita temukan pada halaman awal sebuah laporan, makalah, karya Ilmiah dan sebagainya.
Cara Membuat Daftar Isi di Ms Word
A. Membuat Daftar Isi di Tahap Awal
Di tahapan ini, membuat daftar isi dilakukan setelah pembuatan cover dokumen. Menjadikan daftar isi sebagai bagian paling awal yang dikerjakan sebelum bagian lainnya.
Adapun Langkah-langkah cara membuat daftar isi sebagai berikut:
1. Masuk ke dalam aplikasi Microsoft Word di laptop sobat.
2. Modifikasi Heading stylesMenu Heading style terletak pada tab ‘home’ bagian atas paling kanan seperti gambar dibawah ini.
Sobat Info Kreatif bisa menggunakan Heading 1 untuk Judul, Heading 2 untuk Subbab dan seterusnya hingga subbab yang paling kecil.
Untuk memodifikasi Heading styles, arahkan kursor pada Heading 1. Klik pojok kanan bawah touchpad. Klik pilihan ‘modify’. Modifikasi sesuai kebutuhan sobat.
Misalnya aturan untuk judul bab karya ilmiah yaitu jenis font: Times New Roman, ukuran font: 14, Font di bold, paragraph: center, warna font: hitam.
Lakukan hal serupa pada heading 2 dan seterusnya.
3. Cantumkan Judul dan Sub Judul
Klik heading 1 yang sudah dimodifikasi, kemudian tulis semua judul bab. Masing-masing judul satu halaman. Lanjutkan dengan heading 2 dan seterusnya.
4. Masukan daftar isi
Buat halaman kosong setelah cover atau kata pengantar. Klik tab ‘references’ lalu pilih table of contents di pojok kiri atas. Setelah terbuka berbagai opsi daftar isi pilih opsi pertama automatic table 1.
5. Update daftar isi
Jika anda melakukan perubahan pada bab ataupun subbab yang telah dibuat jangan lupa untuk slalu meng-updatenya. Caranya klik daftar isi.
lalu dipojok kiri atas klik update table seperti gambar diatas.
B. Membuat Daftar Isi di Tahap Akhir
Cara membuat daftar isi yang ini adalah kebalikan dari langkah sebelumnya, di mana daftar isi dibuat setelah menyelesaikan semua bagian dokumen yang dibutuhkan.
Cara membuat daftar isinya adalah sebagai berikut:
1. Masuk ke dalam aplikasi Microsoft Word
2. Blok judul kemudian arahkan kursor pada heading 1. Klik pojok kanan bawah touchpad, pilih ‘modify’ lalu tekan ‘ok’. Jika pemformatan tidak sesuai lakukan modifikasi secara manual. Lakukan juga pada subbab hingga yang terkecil
3. Buat halaman kosong setelah cover atau sebelum lampiran isi dokumen. Pilih tab ‘reference’ klik table of content di pojok kiri atas.
4. Sesuaikan tampilan daftar isi menurut kebutuhan anda.
5. Update daftar isi bila ada perubahan.
Bagaimana? Mudah kan cara membuat daftar isi di ms word? Nah sahabat bisa memilih salah satu dari kedua tutorial di atas, tentunya tergantung dengan kondisi atau kebutuhan sobat ketika membuat dokumen.
Semoga bermanfaat. Nantikan artikel menarik lainnya hanya di Info Kreatif. []