Infokreatif Digital Media
Beranda Berita Google Bard Rilis 6 Fitur Baru: Makin Interaktif dan Banyak Pilihan Bahasa

Google Bard Rilis 6 Fitur Baru: Makin Interaktif dan Banyak Pilihan Bahasa

dengan fitur-fitur baru yang ada, pengalaman pengguna dengan Google Bard akan menjadi lebih interaktif dan lebih menyenangkan

Google Bard merupakan asisten pintar yang baru diluncurkan oleh Google. Platform ini memiliki fitur-fitur unik yang membuatnya berbeda dari asisten digital lainnya. Google Bard dengan fitur-fitur uniknya memberikan pengalaman yang interaktif dan menarik, apalagi dengan 6 fitur baru yang baru saja dirilis.

Salah satu fitur yang paling menonjol adalah kemampuan Bard untuk merespon pertanyaan pengguna dengan suara. Fitur-fitur lainnya yakni penggunaan gambar, penandaan dan pembagian respon, personalisasi respons, serta ekspor kode Python.

Fitur-fitur baru tersebut ini disampaikan oleh Amarnag Subramanya, Wakil Presiden Engineering Google, dalam Press Briefing yang diadakan pada Kamis (13/7/2023). Berikut informasi lengkapnya.

Fitur Baru Google Bard

1. Respon Suara

Tidak hanya merespon dalam bentuk teks, Bard kini bisa merespon dengan suara. Pengguna dapat menekan tombol audio pada kotak respon untuk mendengarkan tanggapan Bard. Fitur ini tersedia dalam lebih dari 40 bahasa.

Menurut Amarnag Subramanya, ini adalah cara terbaik untuk membuat teknologi lebih mudah diakses. Terkadang, mendengar sesuatu dengan suara dapat membantu pengguna mendekati ide dengan cara yang berbeda.

2. Menggunakan Gambar

Pengguna kini dapat memberikan perintah atau pertanyaan kepada Bard dengan mengunggah gambar. Bard akan menganalisis foto tersebut menggunakan Google Lens sebelum memberikan respon. Fitur ini saat ini hanya tersedia dalam bahasa Inggris.

Misalnya, jika kamu ingin membersihkan meja di rumah, kamu bisa mengambil foto meja tersebut dan mengunggahnya ke Bard dengan mengatakan, “Apakah kamu bisa memberikan saya ide bagaimana merapihkan meja?” Bard akan memberikanmu beberapa ide yang bagus.

3. Menandai Respon

Kini, pengguna dapat menandai respons Bard agar lebih mudah disimpan. Hal ini berguna bagi pengguna yang ingin menyimpan respons dari chatbot tersebut. Fitur ini telah tersedia dalam lebih dari 40 bahasa di Bard.

4. Membagikan Respon

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk membagikan percakapan dengan Bard melalui tautan. Pengguna dapat menekan ikon “Share and Export” di bagian bawah prompt untuk menggunakan fitur ini. Fitur ini telah tersedia dalam lebih dari 40 bahasa.

5. Menyesuaikan Respon

Google Bard kini memberikan opsi untuk mengubah nada dan gaya responsnya. Pengguna dapat memilih antara lima opsi: sederhana, panjang, pendek, profesional, atau santai. Misalnya, pengguna dapat meminta Bard untuk membantu menulis daftar belanja untuk kursi antik, lalu memilih opsi “pendek” untuk memperpendek responsnya. Fitur ini saat ini hanya tersedia dalam bahasa Inggris, tetapi akan segera diperluas ke bahasa lain.

6. Ekspor Kode Python

Bard juga memiliki kemampuan untuk mengekspor kode bahasa pemrograman Python ke Replit. Fitur ini telah tersedia dalam lebih dari 40 bahasa. Pengguna dapat memanfaatkan fitur ini untuk mengubah respons Bard menjadi kode Python yang dapat dieksekusi di Replit.

Cara Menggunakan Google Bard dengan Bahasa Indonesia

Bagi pengguna yang ingin menggunakan Google Bard dengan bahasa Indonesia, berikut ini adalah langkah-langkahnya:

1. Buka website https://bard.google.com/ dan pastikan sudah login dengan akun Google (akun Gmail).
2. Setelah berhasil masuk, Anda akan melihat chat room Google Bard.
3. Untuk menggunakan Google Bard dengan bahasa Indonesia, masukkan perintah atau pertanyaan dalam bahasa Indonesia di chat room tersebut.
4. Bard akan membaca informasi yang Anda berikan dan memberikan tanggapan dalam bahasa Indonesia.

Nah, sekarang dengan fitur-fitur baru yang ada, pengalaman pengguna dengan Google Bard akan menjadi lebih interaktif dan lebih menyenangkan. Jadikan Bard sebagai asisten pribadi Anda dalam menjawab pertanyaan dan memberikan informasi. []

Komentar
Bagikan:

Iklan