Infokreatif Digital Media
Beranda Android Poco X5 Pro 5G: All-in-One Smartphone untuk Gamers dan Konten Kreator

Poco X5 Pro 5G: All-in-One Smartphone untuk Gamers dan Konten Kreator

Poco X5 Pro 5G telah dirilis dengan penuh kejutan. Menawarkan pengalaman all-in-one untuk para gamers dan konten kreator

Poco X5 Pro 5G telah dirilis dengan penuh kejutan. Menawarkan pengalaman all-in-one untuk para gamers dan konten kreator. Dengan spesifikasi yang mengesankan dan fitur-fitur terkini, smartphone ini menjanjikan kebutuhan gaming dan kreasi kontenmu terpenuhi.

Mari berkenalan dengan Poco X5 Pro 5G, perangkat yang patut diperhatikan dengan kehadiran versi “Pro”-nya.
Dengan harga yang lumayan terjangkau, smartphone ini menggunakan chipset Snapdragon 778G yang telah terbukti kinerjanya.

Namun, keunggulan perangkat ini tak hanya terbatas pada performa yang kencang. Kameranya menghadirkan kemampuan yang luar biasa.

Sementara bodinya yang ramping dan ringan dengan perlindungan IP53 menawarkan daya tahan terhadap air yang cukup mengesankan. Jangan lupakan layar AMOLED 120Hz yang menambah kualitas visualnya.

Paket Penjualan Poco X5 Pro 5G

Poco X5 Pro 5G merupakan smartphone serba bisa yang menjadi senjata andal bagi para kreator konten maupun para gamer. Keunggulan perangkat ini terletak pada sektor gaming, fotografi, dan videografi.

Di dalam kotak penjualannya, Anda akan menemukan unit Poco X5 Pro beserta pelindung layar yang telah terpasang, charger 67 watt (ya, masih ada charger!), kabel USB tipe C, case, serta SIM tray ejector.

Menariknya, terdapat juga paket dokumen lengkap dan sebuah kartu ucapan terima kasih dari tim Poco.

Desain

Dalam hal desain, Poco X5 Pro 5G memiliki daya tariknya sendiri. Poco X5 Pro mengusung desain bodi yang flat dan modern, seperti yang banyak ditemui pada smartphone masa kini. Bagian belakangnya memiliki cover hitam yang rata dan frame yang terbuat dari polikarbonat.

Modul kamera belakang memiliki desain kotak hitam yang melebar, dengan logo Poco yang tercetak di atasnya. Desain ini memberikan perangkat ini karakter yang kuat dan mudah dikenali. Pilihan warnanya mencakup hitam, biru, dan tentu saja, kuning yang mencolok.

Dari segi dimensi, perangkat ini memiliki ukuran 162,91 x 76,03 x 7,9 mm, lebih ramping dibandingkan seri X sebelumnya, seperti Poco X3 NFC.

Bobotnya pun cukup ringan, hanya 1081 gram, sehingga nyaman digenggam tanpa cepat membuat tangan terasa pegal.
Yang menarik, Poco X5 Pro juga telah dilengkapi dengan rating IP53, menjadikannya cukup tahan terhadap hujan dan percikan air. Namun, ingatlah bahwa ia bukanlah perangkat yang cocok untuk diajak berenang atau mandi.

Jika kita melihat ke bagian kanan perangkat, terdapat tombol power yang juga berfungsi sebagai pemindai sidik jari. Uniknya, tombol power ini memiliki warna kuning yang mencolok.

Di sisi atas, terdapat tombol volume serta beberapa fitur lain seperti blaster dan mikrofon. Sementara di bagian atas, terdapat speaker stereo dan, yang menarik, masih ada headphone jack 3.5mm.

Bagian kiri perangkat ini kosong, sedangkan di bagian bawah terdapat lubang speaker stereo yang telah mendapatkan sertifikasi audio berkualitas tinggi. Sayangnya, tidak ada slot microSD di sini.

Layar Poco X5 Pro

Mari kita beralih ke layarnya. Poco X5 Pro dilengkapi dengan layar AMOLED 6,67 inci yang menawarkan visual yang memukau.

Layar ini memiliki resolusi Full HD+ 2400 x 1080 piksel dan dilapisi dengan lapisan pelindung Gorilla Glass 5.

Kamera

Kemampuan fotografi Poco X5 Pro 5G cukup menarik. Pada bagian atas layar, terdapat kamera selfie berlubang dengan resolusi 16 megapiksel dan kemampuan merekam video hingga 1080p 60fps.

Di bagian belakang perangkat, terdapat modul kamera dengan tiga kamera utama dan satu LED flash.

Kamera utama memiliki resolusi 108 MP menggunakan sensor Samsung HM2 yang besar sebesar 1/1.52 inci, dengan kemampuan merekam video hingga 4K 30fps dan 1080p 60fps. Fitur slow motion juga tersedia pada resolusi 1080p 120fps atau 720p 240fps untuk efek slow motion yang nyata.

Poco X5 Pro 5G - Info Kreatif

Selain itu, ada juga kamera ultra wide 8 MP dengan fokus tetap dan sudut pandang 120 derajat. Meskipun tidak mendukung merekam video 4K atau 1080p 60fps, tetapi kemampuan merekamnya pada resolusi 1080p 30fps sudah cukup baik. Terakhir, terdapat kamera makro 2 megapiksel sebagai bonus tambahan.

Kamera utama dapat merekam video dengan resolusi 4K 60fps yang stabil. Meskipun chipset atau ISP yang digunakan sebenarnya tidak mendukung hingga Snapdragon 778G, tetapi hasilnya tetap stabil.

Jika Anda ingin video yang lebih mulus, Anda dapat mengatur pengaturan ke 1080p 60fps, atau jika Anda membutuhkan detail tambahan, Anda dapat menggunakan pengaturan 4K 30fps.

Konten kreator biasanya akan memanfaatkan kemampuan merekam 4K yang ditawarkan oleh perangkat ini.

Chipset

Poco X5 Pro 5G menggunakan chipset Snapdragon 778G. Versi ini dilengkapi dengan RAM 8 GB LPDDR4X dan penyimpanan internal 256 GB UFS 2.2.

Terdapat juga varian lain dengan RAM 6 GB dan penyimpanan 128 GB, tetapi jika Anda menginginkan performa yang lebih mantap, pilihlah varian dengan RAM 8 GB dan penyimpanan 256 GB.

Sayangnya, tidak ada slot microSD di perangkat ini.

Baterai

Untuk baterainya, Poco X5 Pro hadir dengan kapasitas 5000 mAh dan dilengkapi dengan pengisian daya 67 watt Turbo Charging.

Sistem operasinya menggunakan MIUI 14, namun sayangnya masih menggunakan Android 12, padahal sekarang sudah tahun 2023, mestinya sudah menggunakan Android 13.

Konektivitas

Mari kita melanjutkan dengan konektivitasnya. Perangkat ini mendukung jaringan 5G, 4G, dan 3G. Anda juga dapat menikmati konektivitas WiFi 6 dan berbagi WiFi.

Versi Bluetooth yang digunakan adalah 5.2, mendukung SBC, AAC, Qualcomm aptX HD, dan LDAC. USB OTG juga dapat digunakan, dan NFC sudah tentu ada di sini.

Gaming

Sekarang, mari kita masuk ke sektor gaming. Fitur Turbo Gaming hadir dengan layar overlay game yang memungkinkan Anda mengoptimalkan pengalaman bermain game.

Ketika memainkan game Genshin Impact dengan pengaturan grafis pada 60 FPS selama 30 menit. Hasilnya, frame rate berkisar antara 30 hingga 40 FPS dengan performa yang stabil.

Namun, setelah mencapai batas suhu tertentu, frame rate-nya terbatas menjadi 30 FPS saja. Suhu terpanas yang terukur di layar mencapai 44 derajat Celsius, sementara di bagian belakang perangkat mencapai 43 derajat Celsius.

Daya Tahan Baterai Poco X5 Pro 5G

Selanjutnya, mari kita uji daya tahan baterainya dengan memutar video lokal pada resolusi 1080p 30 FPS, perangkat mampu bertahan selama 19 jam 51 menit, hampir mencapai 20 jam.

Streaming YouTube pada resolusi 1080p 30 FPS (non-HDR) selama 30 menit, baterai turun sebesar 3%. Pada penggunaan TikTok dengan melakukan swipe dan mengetik selama 30 menit, baterai turun sebesar 4%.

Untuk bermain Genshin Impact selama 30 menit dengan pengaturan grafis pada 60 FPS, baterai turun sekitar 12%. Dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh dan pengisian daya 67 watt, perangkat dapat mengisi daya dari 0 hingga 50% hanya dalam waktu 15 menit.

Untuk pengisian daya dari 0 hingga penuh, waktu yang dibutuhkan adalah 52 menit. Pengisian daya pada 50% pertama berlangsung sangat cepat, namun kecepatannya menurun secara bertahap setelahnya.

Spesifikasi
Deskripsi
Merek
Poco
Model
X5 Pro 5G
Sistem Operasi
MIUI 14 (berbasis Android 12)
Layar
AMOLED 6,67 inci
Resolusi Layar
Full HD+ 2400 x 1080 piksel
Proteksi Layar
Gorilla Glass 5
Prosesor
Qualcomm Snapdragon 778G
RAM
6 GB / 8 GB LPDDR4X
Penyimpanan Internal
128 GB / 256 GB UFS 2.2
Slot MicroSD
Tidak Tersedia
Kamera Depan
16 MP
Kamera Belakang
  • Utama: 108 MP
  • Ultra Wide: 8 MP
  • Makro: 2 MP
Baterai
5000 mAh
Pengisian Daya
67 watt Turbo Charging
Konektivitas
  • 5G
  • 4G
  • 3G
  • Wi-Fi 6
  • Bluetooth 5.2
  • USB OTG
  • NFC

Itulah ulasan singkat mengenai Poco X5 Pro 5G. Dengan performa yang kuat, kamera yang baik, baterai yang tahan lama, dan fitur-fitur menarik lainnya, perangkat ini cocok untuk konten kreator maupun gamer yang mencari smartphone yang tangguh dan multifungsi.

Tertarik untuk mencoba Poco X5 Pro 5G? []

Komentar
Bagikan:

Iklan