Infokreatif Digital Media
Beranda Android Sering Tiba-Tiba Mati Saat Digunakan, Ternyata Ini 5 Cara Memperbaiki Baterai HP Cepat Habis!

Sering Tiba-Tiba Mati Saat Digunakan, Ternyata Ini 5 Cara Memperbaiki Baterai HP Cepat Habis!

Cara memperbaiki baterai HP cepat habis—Apakah Anda pernah mengalami kejadian kurang mengenakkan, seperti HP yang sering mati tiba-tiba saat digunakan? Jika pernah, mengesalkan bukan?

Pasalnya, keadaan semacam itu mampu membuat kinerja HP kian menurun, dan dapat mengakibatkan malfungsi pada beberapa perangkat.

Adakah cara memperbaiki baterai HP cepat habis? Pernyataan semacam itu mungkin saja merupakan salah satu hal yang terbesit dalam pikiran Anda.

Kini, Anda tidak perlu khawatir, karena pada artikel ini kami akan memaparkan beberapa cara memperbaiki baterai HP cepat habis. Oleh karena itu, simak dan ikuti langkah-langkah berikut ini!

Penyebab Baterai HP Cepat Habis

Sebelum kita membahas perihal cara memperbaiki baterai HP cepat habis, alangkah baiknya Anda memahami dengan baik akan penyebab pastinya.

Untuk itu, Anda harus mencari tahu dan menemukan penyebab pasti tehadap masalah yang tengah dihadapi saat ini. Pasalnya, sebuah permasalahan pasti ada penyebabnya, dan dengan memahami penyebabnya, maka Anda akan menemukan langkah tepat untuk memperbaikinya.

Berikut ini beberapa penyebab yang dapat membuat baterai ponsel cepat habis:

  • Terlalu sering menggunakan HP dalam kecerahan layar yang tinggi.
  • Terlalu banyak menggunakan aplikasi yang membutuhkan daya komputasi tinggi, seperti game dan video.
  • Kondisi baterai yang buruk.
  • Sinkronisasi data secara terus-menerus.
  • Sinyal lemah.
  • Aplikasi yang berjalan di latar belakang seperti sosial media, VPN, dll.

5 Cara Memperbaiki Baterai HP Cepat Habis

Setelah mengetahui secara pasti mengenai penyebab baterai HP cepat habis hingga sering mati secara tiba-tiba, Anda dapat melakukan cara memperbaiki baterai HP cepat habis yang sesuai dengan penyebab pastinya.

Adapun sebagai berikut merupakan beberapa pilihan dari cara memperbaiki baterai HP cepat habis, yang mana bisa Anda lakukan sesuai dengan penyebabnya.

1. Jaga Kecerahan Layar

Kecerahan layar yang tinggi menjadi salah satu alasan besar yang dapat mengganggu performa baterai ponsel. Pasalnya, dengan menggunakan kecerahan layar tinggi bisa cepat menguras daya ponsel, dan hal itu dapat berakibat buruk jika terus-menerus dilakukan.

Untuk itu, langkah utama yang bisa Anda lakukan ialah dengan menjaga kecerahan layar agar tidak terlalu terang. Bila perlu, gunakan kecerahan layar otomatis agar dapat menyesuaikan penggunaan ponsel di setiap tempat tanpa harus mengotak-atik pengaturan.

2. Perhatikan Penggunaan WiFi atau Data Selular

Penggunaan WiFi atau data selular secara terus-menerus dan tanpa henti, dapat mengakibatkan daya ponsel terkuras lebih cepat.

Langkah tepat yang bisa Anda lakukan dalam hal ini adalah dengan lebih memperhatikan penggunaan data selular. Gunakanlah data selular ketika benar-benar dibutuhkan saja. Dan matikan ketika tidak digunakan lagi.

3. Batasi Penggunaan Aplikasi yang Dapat Menguras Baterai HP Lebih Banyak

Jika penyebab pasti daya baterai ponsel cepat habis ialah karena penggunaan aplikasi tertentu, maka langkah terbaik yang bisa Anda lakukan adalah dengan membatasi penggunaan aplikasi tersebut.

Bahkan, bila perlu Anda juga bisa menghapus aplikasi yang sekiranya dapat membuat daya baterai ponsel cepat habis.

Untuk mengetahui secara pasti mengenai aplikasi yang dapat menguras baterai ponsel lebih banyak, kamu bisa mengikuti beberapa tips yang sudah kami sampaikan pada pembahasan sebelumnya.

BACA JUGA: Cara Tahu Aplikasi Boros Baterai Melalui HP Android dan iPhone – Infokreatif Digital Media

4. Tutup Aplikasi di Latar

Beberapa aplikasi harus berjalan di latar belakang untuk pengalaman ponsel yang optimal. Misalnya saja aplikasi VPN, media sosial, kalender, kesehatan, dan antivirus.

Namun selain itu, beberapa aplikasi tetap berjalan saat pengguna tidak menutupnya. Ketika aplikasi dibiarkan berjalan di latar, mereka akan menggunakan banyak memori dan menghabiskan daya, sehingga membuat baterai ponsel cepat habis.

Tidak hanya mengaktifkan opsi pengoptimalan baterai pada pengaturan agar dapat menjaga kondisi baterai, pengguna harus membangun kebiasaan menutup aplikasi yang tidak perlu, yang berjalan di latar belakang setelah Anda selesai menggunakannya.

5. Ganti Baterai HP

Terakhir, jika langkah-langkah diatas tak kunjung membuahkan hasil, maka yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengganti beterai HP.

Kendati begitu, ini bukan merupakan keharusan, melainkan alternatif lain yang kemungkinan besar dapat membuat daya baterai ponsel kembali baru.

 

Demikianlah pembahasan kita kali ini mengenai cara memperbaiki baterai HP cepat habis. Selamat Mencoba dan jangan lupa untuk terus mengikuti kabar informatif dan menarik lainnya yang hanya bisa Anda dapatkan disini.

Komentar
Bagikan:

Iklan